Remaja Mesjid Dan Muslimat NU Ketapang Adakan Haul



NU KETAPANG - Menjelang Bulan Ramadhan, Remaja Mesjid Miftahul Jannah, Kelurahan Mulia Kerta, Kecamatan Benua Kayong dan Pengurus Cabang Muslimat Nahdatul Ulama Kabupaten Ketapang, Kalbar. mengadakan acara Haul bersama pada 16 Sya’ban 1439 H atau 1 Mei 2018, acara yang dipimpin oleh Kani Saragih tersebut berlangsung dalam suasana khusyuk.

Ada sekitar 1200 an nama-nama orang yang telah meninggal dunia ditawassul dalam acara Haul bersama malam itu. Acara juga diha­diri oleh para tokoh Islam di Kab. Ketapang, diantaranya KH. Faisol Ma’sum (Ke­tua MUI Ketapang), Syekh Muhammad Abdul Kuddus (Ponpes Darul Fadhilah), KH. Gus Alamuddin Al Jazuli (Ponpes Al-Idtihad), Kyai Fachruddin (MUI Benua Kayong), Ust. Faruq Adra’ie (Ponpes Al Baitul Atiq), H. Satuki Huddin (PC NU), H. Misnawar Huddin (IKBM), Ust. Nasrullah (Ketua Remaja Mesjid), Ust. Junaidi, Ust. Saturin (TPA Al-Ridho), Ust. M. Idris. Serta masih bayak lagi tokoh pemuda serta tokoh masyarakat lainnya. Pengamanan acara juga diback-up oleh Banser NU Ketapang. 

Secara bahasa, haul adalah setahun, sedangkan secara istilah adalah peringatan satu tahun meninggalnya seseorang. Haul merupakan tradisi tahunan yang dilakukan mayoritas umat muslim Indonesia untuk mengenang jasa-jasa ulama, kiai, tokoh masyarakat dan anggota keluarga.
Pembacaan biografi atau manaqib, surat Yasin, tahlil, ceramah agama dan sedekah merupakan rentetan kegiatan yang dilaksanakan pada acara haul. Masyarakat berharap agar acara haul tersebut dapat dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya. (Hardi)


Lebih baru Lebih lama
.



.