Ikuti MTQ ke-28 Tingkat Provinsi Kalbar, 28 Orang Kafilah Ketapang di Rapid Tes


NU KETAPANG – Guna mematuhi aturan protokol kesehatan dan melengkapi persyaratan peserta, ofisial dan pendamping pada Musabaqah Tlawatil Qur’an (MTQ)  ke-28 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020, sejumlah 28 orang yang akan diberangkatkan ke Pontianak telah diadakan Rapid Tes pada hari Rabu (2/9) di Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang.

Rapid Tes adalah salah satu persyaratan yang wajib bagi peserta, ofisial dan pendamping yang akan mengikuti MTQ ke-28 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Disamping juga digunakan untuk persyaratan keberangkatan menggunakan pesawat. Adapun mereka yang diadakan Rapid Tes adalah para peserta, ofisial dan pendamping cabang Khattil Qur’an, Syarhil Qur’an dan Fahmil Qur’an.

Menurut Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Ketapang H. Arifinsyah, S.Sos.I., Pelaksanaan MTQ ke-28 dilaksanakan dengan aturan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Peserta, ofisial dan pendamping sebanyak 28 orang di tiga Cabang itu akan diberangkatkan ke Pontianak pada hari Minggu, tanggal 6 September 2020 untuk mengikuti MTQ yang diadakan secara faktual di kompleks Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

“Sementara para peserta Cabang Tilawah semua golongan, ofisial dan pendamping yang akan diberangkatkan ke Kabupaten Sekadau, Rapid Tes akan dilaksanakan pada tanggal 10 September 2020. Hal itu dikarenakan pada tanggal 14 September 2020 seluruh peserta cabang dimaksud akan berangkat menuju Kabupaten Sekadau.

Menurut Arifinsyah, Akibat Covid-19 belum berakhir, sehingga MTQ ke-28 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2020 dibagi dalam dua pola, yakni secara faktual (tatap muka langsung) dan virtual (daring/online). Demikian pula untuk tempat pelaksanaan MTQ, semula seluruhnya akan terpusat di Kabupaten Sekadau, tapi akhirnya di Sekadau hanya khusus lomba Cabang Tilawah, dimulai pada tanggal 16 s.d 21 September 2020.

Sedangkan Cabang Khattil Qur’an, Syarhil Qur’an dan Fahmil Qur’an dilaksanakan di Pontianak pada tanggal 7 s.d 8 September 2020. Khusus cabang Tahfidz Qur’an dan Hafalan Hadits akan diadakan secara virtual di 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat dengan menggunakan aflikasi Zoom Meeting dari tanggal 7 s.d 13 September 2020.

“Sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan oleh LPTQ Provinsi Kalimantan Barat, untuk MTQ virtual peserta Kabupaten Ketapang Tahfidz Qur’an dan Hafalan Hadits akan dilangsungkan pada hari Jum’at, tanggal 11 September 2020 di Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang. Sementara Dewan Hakim berada di Menara Masjid Raya Mujahidin Pontianak.” Jelas H. Arifinsyah. (anuk).

Lebih baru Lebih lama
.



.