Aksi Solidaritas Untuk Ibu Farida Sang Pejuang Kanker Selama 30 Tahun



NU KETAPANG - Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan didunia. Kasus serangan kanker yang sering terjadi dan menyebabkan kematian di Indonesia selain kanker serviks dan kanker paru-paru adalah kanker payudara. Kanker payudara memang menjadi penyakit nomor satu bagi wanita. Pasalnya, berdasarkan data yang dipaparkan Kementerian Kesehatan pada tanggal 31 Januari tahun lalu terdapat 42 penderita kanker payudara dari 100.000 penduduk, dengan rata-rata kematian 17 orang.

Seperti halnya dengan yang dirasakan Ibu Farida yang saat ini tinggal bersama anaknya di Jl. Karya Bakti, Gg. Damai, Kelurahan Sampit, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Kabarnya Ibu kelahiran tahun 1971 ini telah mengidap penyakit tersebut sejak tahun 1989. Awalnya tumor ini hanya seukuran kutil, sehingga tidak terlalu diperdulikan dan dianggap biasa-biasa saja. Namun, setelah 30 tahun berlalu. Kini tumor tersebut mencapat berat lebih dari 7 Kg.

Pengangkatan tumor melalui jalur operasi merupakan cara satu-satunya yang harus dilalui oleh ibu Farida. Akan tetapi, biaya yang harus dibayar untuk proses tersebut tentu juga tidak sedikit. Angka jutaan atau bahkan sampai puluhan juta merupakan angka yang tergolong cukup besar bagi ibu dengan keluarga yang berlatar belakang ekonomi menengah kebawah ini.

Berdasarkan dari hal tersebutlah yang mendorong dua organisasi Kemahasiswaan di Kabupaten Ketapang yakni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Ketapang dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kabupaten Ketapang untuk melakukan aksi solidaritas penggalangan dana dalam membantu pembiayaan pengobatan ibu tersebut.

Aksi ini dilaksanakan pada tanggal 6-7 Januari 2020, dengan dua titik lampu merah yang ditargetkan yaitu perempatan RSUD Agoesdjam dan perempatan POLRES Kabupaten Ketapang. Aksi penggalangan dana tersebut menuai respon positif dari masyarakat dan total uang yang terkumpul dalam aksi ini sebesar Rp. 15.620.000.

Menurut Dedyansyah Ketua Umum PC. PMII Kabupaten Ketapang mengatakan. aksi solidaritas penggalangan dana yang dilaksanakan adalah bertujuan untuk meringankan beban biaya pengobatan ibu Farida yang terkena kanker payudara selama 30 tahun lebih berjalan dengan lancar dan tertib. Kegiatan ini dilaksanakan di dua titik. Titik pertama berada dipersimpangan RSUD Agoesdjam dan titik kedua berada dipersimpangan Polres Ketapang.

“Dan pada penggalangan dihari terakhir ini kita alhamdulillah terdapat penambahan jumlah dari kawan-kawan Kamipala, HMJ Teknik Mesin dan BTP Politap." Ujar Dedyansyah selaku Ketua Umum PC. PMII Kabupaten Ketapang.” Ujar Dedyansyah.
      
Dijelaskan Nurhidayat Ketua Umum KAMMI Komisariat Ketapang, bahwa total dana yang diperoleh selama dua hari penggalangan ini sebesar Rp. 15.620.000, dengan jumlah yang terkumpul pada hari pertama sebesar Rp. 7.770.000, dan pada hari kedua sebesar Rp. 7.850.000.

Tentunya hal ini juga tidak terlepas dari partisipasi yang luar biasa masyarakat dalam membantu kelancaran pengobatan ibu Farida. Berangkat dari hal tersebut, pihaknya yang tergabung dalam aksi solidaritas ini mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat ketapang atas partisipasinya.

“Semoga ini dapat sedikit membantu Ibu Farida dalam proses pengobatannya dan tentunya menjadi amal kebaikan untuk kita semua." Timpal Dedyansyah. (ANUK).

Lebih baru Lebih lama
.



.