Kyai Al-Faqir: PCNU dan Pondok Pesantren Harus Bekerjasama Agar NU Ketapang Semakin Kuat


NU KETAPANG - KH. Abdullah Al-Faqir, SE. Ketua FKPPK berharap, bahwa silaturrahmi baru pertama kali diadakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ketapang bersama pimpinan pondok pesantren se-Kabupaten Ketapang, mudah-mudahan bisa memperkuat NU dijajaran jama'ah dan jam'iyah NU yang ada di struktural ke depan lebih baik.

Hal itu dikatakannya pada acara Silaturahmi dan Koordinasi PCNU Kabupaten Ketapang dengan Pimpinan Pondok Pesantren se-Kabupaten Ketapang melalui FKPPK (Forum Komunikasi Pondok Pesantren Ketapang) yang berlangsung hari ini, Minggu (2/8).

"Ini luar biasa, kenapa? Pondok Pesantren dengan NU tidak bisa dipisahkan, artinya apa, kiyai NU mempunyai program menguatkan kultur nahdliyyin di masyarakat dan NU bagaimana bisa mengelola organisasi secara profesional." Kata Kyai Al-Faqir Pimpinan Pondok Pesantren Mambaul Khairat Ketapang.

Baca juga: Peduli Korban Banjir, Ansor dan Banser Ketapang Salurkan Bantuan Warga NU Ke Jelai Hulu

Menurutnya, maka secara struktural dua ini (NU dan pondok pesantren) tidak bisa dipisahkan. Antara kultur dan struktur harus terjalin dengan baik, maka insyaallah Kabupaten Ketapang, dalam hal ini adalah warga Nahdliyyin semakin kuat, jika selalu duduk bersama antara pimpinan pondok pesantren para kyai dengan pimpinan Nahdaltul Ulama.

Ditambahkannya, Pondok pesantren mempunyai program bagaimana penguatan kultur masyarakat dalam amaliyah an-nahdliyyah, artinya tanpa pendidikan diniyah atau pondok pesantren NU tidak akan kuat.

"Agar NU semakin kuat, maka harus bagi kapling. Yang pondok-pondok pesantren menguatkan paham Ahlussunah wal Jama'ah (Aswaja), selanjutnya PCNU mempasilitasi, ini penting, sehingga nantinya pondok-pondok kuat dan NU pun kuat. pondok jaya, insyaallah NU pun jaya." Tambahnya.

Kegiatan acara silaturahmi dan koordinasi dilaksanakan di halaman Gedung Yayasan Al-Jihad, beralamat di Jalan Banu Kasi, Mulia Kerta, Benua Kayong. Hadir Ketua PCNU Ketapang, para Kyai 19 pimpinan pondok pesantren se Kabupaten Ketapang, jajaran pengurus NU beserta Banomnya seperti Muslimat NU, Fatayat NU, Ansor, Banser, Pagar Nusa, Pergunu, PMII, IPNU dan IPPNU.

Bahkan setelah acara ditutup dengan do'a, menyusul hadirnya Sekda Ketapang H. Farhan, SE., M.Si. didampingi Asisten II, bersama Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Ketapang KH. Moh. Faisol Maksum. Keterlambatan beliau sehubungan menghadiri acara pengukuhan Ketua Ikkramat (Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Tanjungpura) Kabupaten Ketapang di Keraton Panembahan Muhammad Saunan Mulia Kerta Ketapang.

Acara diawali dengan tawasul sebagai acara pembukaan dipimpin oleh Kyai Faruk Adra'ie, kemudian dilanjutkan tahlilan dipimpin Syekh Muhammad Alquddus, S.Th.I. Selanjutnya Sambutan Ketua FKPPK, kemudian dilanjutkan sambutan Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Ketapang. (anuk).

Lebih baru Lebih lama
.



.