20 Tahun Mengabdi di NU, Kini Dipilih Ketua Tanfidziyah



NU KETAPANG - Bagi kalangan ormas, OKP, tokoh agama maupun masyarakat Kabupaten Ketapang, bahkan dikalangan birokrasi pemerintah daerah Ketapang, nama Satuki Huddin bukanlah nama yang asing untuk dikenal.

Berbagai jabatan OKP dan ormas pernah dijabat dosen STAI Al-Haudl Ketapang ini, seperti ketika masa kuliah di IAIN Pontianak dia adalah sebagai kader PMII dan Sekretaris Umum Pengurus Wilayah Ikatan Putra Nahdlatul Ulama (IPNU) Kalimantan Barat, kedua oganisasi ini adalah sebagai Banom NU.

Ketika selesai kuliah pulang ke Ketapang, tidak lama dia dipilih sebagai ketua KNPI Ketapang satu periode yang dicalonkan dari GP Ansor Ketapang. Tidak berhenti di situ, selama 10 tahun dia ditunjuk sebagai Sekretaris Pengurus Cabang NU Ketapang dua periode, kemudian 10 tahun berikutnya sebagai wakil ketua PCNU dan Ketua Lakpesdam NU Ketapang.

Tidak cukup di NU, Satuki yang saat ini menjabat Kabid Pemerintahan dan Sosbud BAPPEDA Ketapang juga telah mengabdikan diri dalam jabatan ormas Islam lainnya. Selama 15 tahun duduk dikepengurusan MUI Ketapang, dia ditunjuk sebagai Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) selama dua periode, dan 5 tahun berjalan saat ini sebagai wakil ketua MUI Kabupaten Ketapang.

Oleh karena dengan pengalamannya menangani berbagai pimpinan organisasi, tidak heran jika peserta Konferensi Cabang ke-12 Kabupaten Ketapang, memilih dan mempercayai kepada mantan guru agama SMAN 2 Ketapang ini untuk memimpin NU Ketapang lima tahun ke depan.

"Saya menilai pilihan peserta kepada H. Satuki Huddin sebagai Ketua PCNU Ketapang Masa Khidmat 2019-2024 melalui Konferensi Cabang ke-12 ini adalah pilihan yang tepat. Sebagai seorang organisator dalam memimpin sebuah organisasi, saya kira kepemimpinan Pak Satuki sudah tidak diragukan lagi". Tutur Arif Sunawan.

Menurut Arief, keyakinannya itu bukan tanpa alasan, sebab dia pernah jadi pengurus KNPI satu periode pada waktu dipimpin beliau, dan pengurus Lakpesdam NU Ketapang demisioner ini menilai cukup berhasil dan sukses. Bahkan menurutnya, saat sebagai anggota di Lakpesdam NU saat ini, Arif juga merasakan aktifnya berbagai kegiatan atas kepimpinan Satuki.

Pengakuan dan keyakinan kepada Satuki Huddin juga diakui langsung oleh Rais Syuriyah terpilih KH. Moh. Faisol Maksum. Menurutnya, tidak meragukan lagi atas kepemimpinan Pak Satuki di NU, karena dia pernah menjadi sekretaris PCNU selama dua periode sejak Kiayi Faisol menjadi sebagai ketua PCNU Ketapang.

"Kami berharap dengan kepimpinan NU masa khidmat 2019-2024 kedepan akan diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah Swt. dalam mengemban amanah organisasi lima tahun ke depan sebagai hasil keputusan Konferensi Cabang ke-12 Nahdlatul Ulama Kabupaten Ketapang." Pungkas Ketua MUI Ketapang. (syafrudin).


Lebih baru Lebih lama
.



.