Konsolidasi NU MHU, Camat Mendukung dan Mendorong Terbentuknya NU Ranting


NU KETAPANG - Konsolidasi organisasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ketapang di Kecamatan Matan Hilir Utara berjalan lancar dan sukses. Kegiatan dilaksanakan hari Kamis (23/7) bertempat di Aula Kantor Camat Matan Hilir Utara (MHU).

Kegiatan konsolidasi dihadiri Camat MHU Eedinan H. Abas S.Pd. didampingi Kasi Ekbangsos MHU dan jajaran Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) MHU. Sementara dari PCNU Ketapang dihadiri oleh H. Arifinsyah, Sos.I. Wakil Ketua dan Nashir Syam, M.Pd. sebagai Wakil Sekretaris PCNU Ketapang.

Dalam sambutannya, Ketua MWC NU Kecamatan MHU Aliaspar, S.Pd. mengatakan, bahwa kegiatan NU secara organisasi (jam’iyyah) sering terkendala oleh faktor dana. Namun demikian masalah amaliyah NU di wilayah Keacamatan MHU tetap berjalan baik, tidak ada hambatan apapun.

Baca juga:

"Saat kondisi pandemic nantinya benar-benar sudah dinyatakan normal kembali, maka kegiatan tradisi ke-NU-an akan digairahkan kembali; misalnya shubuh keliling (suling), majelis taklim ibu-ibu, istighotsah bulanan dan sebagainya. Demikian pula pembentukan lembaga dan badan otonom termasuk penertiban pendistribusian zakat, infaq dan sedekah." Ujarnya.

Aliaspar juga mengatakan hendaklah ada penguatan pembinaan khusus untuk talqin, tahlil dan muraqi. Termasuk juga adanya panduan zakat, infaq dan shodaqoh dari PCNU. "Dengan demikian kita berharap mudah-mudahan akan semakin menambah cinta dan menguatnya ghiroh kalangan generasi muda dengan NU." Harapnya.

Sementara Camat MHU Erdinan H. Abas, S.Pd. mendukung sepenuhnya keberadaan MWC NU dan mendorong terbentuknya NU ranting di setiap desa (yakni ada 5 desa).
Dirinya akan memfasilitasi dan membantu kegiatan MWC NU dan mempersilakan Aula Kecamatan untuk dijadikan sentral kegiatan NU.

Camat juga meminta kepada pengurus MWC NU MHU agar bisa berperan dan membantu untuk memberikan pemahaman masyarakat terutama para generasi muda dari pengaruh negatif. Di luar sana terus berkembang seiring semakin hilangnya nilai-nilai agamis dan nasionalisme dalam diri masyarakat banyak.

"Sebenarnya masyarakat muslim di MHU pada umumnya sudah mengikuti NU, dikarenakan jika dilihat dari amaliah-amaliahnya, seperti tata peribadatan yang berkembang dari jaman orang-orang tua terdahulu, sama dengan yang amaliyah NU." Kata Erdinan.

Acara konsolidasi diawali dengan sambutan Ketua MWC NU MHU, dilanjutkan sambutan PCNU Ketapang, pengarahan Camat MHU, kemudian sosialisasi program PCNU Ketapang. Selanjutnya Dialog dan ditutup dengan ramah tamah. (anuk).

Lebih baru Lebih lama
.



.