Refleksi Hari Lahir Pancasila, Peran Pemuda Ditengah Wabah Covid-19


NU KETAPANG - Pada Momentum Peringatan Hari Pancasila 01 Juni 2020 ini, sebagai generasi muda Bangsa Indonesia tentu kita berharap semoga Pancasila ini tak hanya sekedar menjadi hafalan wajib, tak sekedar menjadi rumus dan kode, dan juga tak hanya menjadi tulisan indah yang terpajang di setiap ruangan dan gedung. Tetapi mari kita ambil nilai-nilai falsafah yang terkandung di dalamnya agar Pancasila ini benar-benar mampu menjadi perekat dan pemersatu Bangsa yang telah lama dicita-citakan oleh para pendahulunya.

Di peringatan hari pancasila ini pula, semoga tidak lagi adanya dikotomi kelompok, etnis, agama maupun suku bangsa yang semua ini dapat merenggangkan hubungan antar sesama warga masyarakat Indonesia yang hidup rukun, aman, damai, serta penuh dengan kemajukan, harmonisasi dan kebudayaan di dalamnya.

Jadilah generasi muda Indonesia yang mencintai keberagaman dan perbedaan. Sebab kita semua ini adalah 1 kesatuan dalam bingkai kebhinekaan yang hidup bergandengan tanpa melihat status sosial, agama, suku serta jabatan.

Sungguh ironi jika peringatan hari lahir Pancasila ini dikotori dengan hal-hal rasisme dan perpecahan sesama anak bangsa lantaran hanya karena perbedaan pandangan dan pendapat. Bahkan tragis jika kerukunan yang sudah kita bangun selama ini di robek oleh "oknum" yang ingin memprovokasi untuk memecah belah persatuan dan kerukunan bangsa.

Melalui kesempatan ini, mari bangkitkan kembali semangat budaya gotong royong masyarakat, kita sadar bahwa dalam suasana Pandemi Covid-19 ini masih terus menghantui kita bersama yang setiap hari menelan korban yang tak tanggung-tanggung Hinggan puluhan dan ratusan jiwa. Oleh karenanya, dengan semangat budaya gotong royong yang akan kita bangun tentu akan memberikan efek positif terhadap musibah yang sedang kita alami saat ini. Karena semangat untuk melawan Pandemi Covid-19 ini telah muncul disetiap diri kita masing-masing berkat kepedulian dan gotong royong yang kita bangun.

Kita berharap peringatan hari lahir Pancasila ini menjadi momentum untuk kita semua, khususnya putra putri bangsa bahwa Pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir.

Ditangan putra putri bangsa-lah, Indonesia ini akan bangkit dari keterpurukannya, dan ditangan putra dan putri bangsa juga lah perubahan dan kemajuan akan diraih.

Mari rajut kembali persaudaraan kita antar sesama putra putri Bangsa Indonesia. Bangun sikap optimisme bahwa kita mampu berbuat untuk kemajuan bangsa Indonesia yang kita cintai ini.

Saya dan Kita semua adalah, Pancasila.

Fachrur Rizal, M.Pd
Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Perkaderan PC GP Ansor Kabupaten Ketapang

Lebih baru Lebih lama
.



.