Mengenal Mufti Abdus Samad, Ulama Besar Asal Ketapang Kalbar


NU KETAPANG  - Biasanya nama A. Samad, ditulis Abdul, seperti nama Ustad Abdul Somad. Tetapi nama ayah saya, Abdus Samad. Saya bertanya - tanya darimana Kakek saya yang orang kauman mendapatkan nama itu?

Hingga akhirnya perjalanan berkah ini membawa saya pada satu Plang nama Gang, di mana dulu istri saya menginap selama kuliah. Di rumah almarhum pamannya. Di Tanjung Raya II Gang Haji Abdus Samad.

Tak jauh dari rumah itu, Di kompleks pemakaman Haji Muhammad Yusuf Saigon, dijalan Yusuf Karim, Pontianak Timur, tepat di sebelah kanan sebelum kita masuk ke cungkup makam Sang pembuka Kampung Saigon keturunan Banjar itu, terdapat sebuah makam bertulis Mufti Al Hajj Abdus Samad Bin Al Hajj Muhammad Saleh. Dari sinilah, mungkin nama Ayah saya berasal.

Baca juga:

Nama Al Hajj Muhammad Saleh sendiri, tercantum dalam Buku Misteri Kota Yang Hilang sebagai Mufti Pertama Kerajaan Matan di zaman Panembahan Al Hajj Muhammad Sabran. Mufti yang termasuk suku Kaum.

Beliau lulusan Madrasah Shaulatiyah, Makkah.

Di Madrasah Shaulatiyah, beliau berada di bawah bimbingan Tengku Mahmud Zuhdi, yang setelah pulang menjadi Syaikhul Islam Selangor.

Yang bersanad ilmu ke Syaikh Ahmad Al Fatani lalu pada Syaikh Nawawi Al Bantani. Masih dari almamater yang sama.

Di Madrasah yang berdiri atas Wakaf seorang wanita India keturunan Sayidina Ustman bin Affan ini, Syaikh Abdus Samad meneruskan kiprah santri Nusantara setelah era KH. Hasyim Asyari pendiri NU dan KH. Ahmad Dahlan Pendiri Muhammadiyah.

Beliau pulang ke Nusantara antara 1924-1925, oleh Saudagar pemiliki perkebunan Karet Haji Yusuf Saigon dan Adiknya Muhammad Arsyad, Syaikh Abdus Samad diajak mendirikan Madrasah Saigoniyah. Beliau menjadi Mudirnya.

Diantara murid beliau yang terkenal adalah H. Mohtar Nasir, Yang berasal dari Kampung Kaum Ketapang, seorang Ulama Pensiunan Kepala Kanwil DKI Jakarta yang menjadi Imam Besar Pertama Masjid Istiqlal.

Penulis: Agus Kurniawan
Ketua LTN (Lembaga Ta’lif wa Nasyr) Nadlatul Ulama (NU) Ketapang /
Penelitin Sejarah dan Budayawan Ketapang




Lebih baru Lebih lama
.



.