Awali Peringatan Hari Santri, NU Ketapang Gelar Maulid Nabi dan Silaturrahim Ulama Santri


NU KETAPANG - Memeriahkan peringatan Hari Santri tahun 2023, PCNU Kabupaten Ketapang telah mengagendakan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang mengawali adalah Peringatan Maulid Nabi dan Silaturahmi Ulama Santri, Senin (16/10/2024) malam.


Kegiatan yang dilaksanakan di Lantai 3 Gedung Bintang 9 NU Ketapang ini dihadiri Wakil Bupati H. Farhan, SE., M.Si. bersama istri, Kepala Kantor Kemenag Ketapang Drs. H. Syarifendi, M.Pd., jajaran PCNU, Lembaga, Banom NU, pengurus LPTQ Ketapang dan undangan lainnya.


Ketua Tanfidziah PCNU Ketapang Drs. H. Satuki Huddin, M.Si. menjelaskan bahwa pada Hari Santri tahun 2023 PCNU Ketapang telah mengagendakan berbagai kegiatan, yang pada malam hari ini (17 Oktober 2023) diawali dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sekaligus dirangkai dengan Silaturrahmi Ulama dan Santri.


Selanjutnya, hari Kamis pagi, pada tanggal 19 Oktober 2023 kita akan melaksanakan Ziarah ke makam ulama dan makam Tanjungpura, di Desa Tanjungpura, Kec. Muara Pawan. Ziarah akan diikuti jajaran PCNU Ketapang bersama Banom NU dan ASN Kemenag Ketapang," jelas Ketua PCNU saat menyampaikan sambutan.


Kemudian pada tanggal 21 Oktober 2023 pukul 17.00 - selesai, PCNU Ketapang dan Banom NU beserta Kepala Kantor Kemenag dan jajarannya akan bergabung dengan PBNU untuk mengikuti secara virtual pembacaan Satu Meliar Shalawat Nariyah. Kebetulan PCNU Ketapang mendapat jatah sebanyak 599.940 kali baca Shalawat Nariyah. Secara teknis nanti kita akan bagi-bagi ke MWC NU, Pengurus Ranting NU, Pondok Pesantren," jelasnya. 


Melalui pembacaan Shalawat Nariyah ini kita bersama-sama bermunajat kepada Allah SWT untuk keselamatan bangsa dan negara. Apalagi menurutnya tidak lama lagi akan menghadapi pesta demokrasi tahun 2024 tepatnya 14 Februari 2024. 


"Mudah-mudahan Allah memberikan kelancaran, keamanan, kesuksesan dan terpilihnya pemimpin-pemimpin di negeri ini yang betul-betul amanah, adil dan berpihak kepada kepentingan rakyat, bangsa dan negara," harap Ketua NU Ketapang. 


Selain itu, kita juga mendo'akan untuk saudara-saudara kita Rakyat Palestina agar diberikan perlindungan dan keselamatan oleh Allah dari kekejaman dan kedzoliman zionis Israil dan sekutunya.


Lebih lanjut Satuki menjelaskan bahwa keesokan harinya pada tanggal 22 Oktober 2023 mulai pukul 07.30 wib kita juga akan bergabung dengan PBNU untuk mengikuti secara virtual Apel Akbar Peringatan Hari Santri yang dipusatkan di Tugu Pahlawan Surabaya Jawa Timur. Kemudian pada waktu yang sama Apel Hari Santri akan digelar secara langsung di masing-masing MWC, PRNU, MA, MTs. dan Pondok Pesantren se Kabupaten Ketapang. 


Terakhir, "pada tanggal 23 Oktober, kita PCNU Ketapang akan mengadakan Apel bersama Pomdok Pesantren Mambaul Khairat. Insyaallah akan dihadiri Wakil Bupati dan Ketua Tanfidziah PWNU Kalbar. Setelah Apel kita lanjutkan dengan Ekspos Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren," terangnya. (anuk).

Lebih baru Lebih lama
.



.