Peringati Hari Santri 2023, Ini Kegiatan PCNU Ketapang


NU KETAPANG - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Ketapang akan menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka peringatan Hari Santri tahun 2023. Beberapa agenda kegiatan telah diputuskan dalam rapat pengurus di Gedung Bintang 9 NU Ketapang, Senin (9/10/2023) malam.


Ketua PCNU Ketapang Drs. H. Satuki Huddin, M.Si. menjelaskan bahwa kegiatan dalam rangka Hari Santri yang akan digelarnya juga merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran PBNU tentang Pelaksanaan Kegiatan Peringatan Hari Santri Tahun 2023.


Edaran itu lanjut Satuki, dimana PBNU meminta kepada seluruh tingkat kepengurusan Nahdlatul Ulama agar mengikuti secara daring (virtual) Apel Peringatan Hari Santri Tahun 2023 yang dipusatkan di Tugu Pahlawan Kota Surabaya pada tanggal 22 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB s.d. selesai. 


Dijelaskan lebih lanjut, sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya upacara Hari Santri di Ketapang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Ketapang. Untuk tahun ini dikarenakan bersamaan dengan kegiatan Napak Tilas Kabupaten, maka upacara akan diarahkan ke masing-masing pondok pesantren, madrasah, dan tingkat MWC NU se Kabupaten Ketapang.


"Kemudian kami juga secara daring (virtual) dari PBNU akan mengikuti pembacaan Satu Miliar Sholawat Nariyah yang diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB s.d. selesai," terangnya.


Selanjutnya PCNU juga akan melaksanakan ziarah ke makam ulama dan makam Tanjungpura pada hari Kamis, 19 Oktober 2023. Seluruh peserta dihimbau PCNU Ketapang agar berkumpul pada pukul 07.00 pagi di Sekretariat PCNU Ketapang. Selanjutnya rombongan menuju lokasi di Desa Tanjungpura, Muara Pawan.


"Pada Jum'at malam, tanggal 20 Oktober kita juga  akan gelar Silaturahmi Ulama dan Santri. Kegiatan ini dirangkai juga dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Dan Parade Sholawat,, bertempat di Lantai 3 Gedung Bintang 9 NU Ketapang" jelasnya.


Ketua Tanfidziah juga menambahkan selain beberapa rangkaian kegiatan di atas, pada momen itu PCNU Ketapang melalui LAZISNU dan Banom NU seperti Muslimat akan melaksanakan kegiatan pemberdayaan ekonomi seperti Bazar UMKM, dan lain-lain, yang akan dipusatkan di halaman gedung NU Ketapang.


"Kami sebagai pengurus dan panitia pelaksana meminta dukungan dan kerjasama dari seluruh jajaran PCNU Ketapang, Lembaga, Banom NU, MWC NU dan Pengurus Ranting se Kabupaten Ketapang, kiranya kegiatan ini terlaksana dengan lancar dan sukses," ungkapnya. (anuk).


Lebih baru Lebih lama
.



.