Waketum PP Pagar Nusa: Jangan Bikin Statement Kecuali Perintah Kyai dan NU



NU KETAPANG - Pagar Nusa dibentuk dari idenya para kyai. Tujuannya adalah membentengi para ulama. Perguruan-perguruan Pencak Silat yang kala itu ada di Jawa Timur bersatu terhimpun dalam Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (NU) yang betugas membentengi para ulama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pencak Silat adalah sebuah profesi yang ada dalam keolahragaan kanuragan.


Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa, dalam sambutannya pada acara penutupan Silaturrahmi Darah (Silatda) ke-3 Pagar Nusa Kalimantan Barat dan Pelantikan Pimpinan Cabang Pagar Nusa Kabupaten Ketapang Masa Khidmat 2019-2024, di Borneo Emerald Hotel Ketapang, Sabtu (26/12).


Baca juga:


Edy Junaidi menyampaikan pesan Ketua Umum PP PSNU Pagar Nusa yang berhalangan hadir di Ketapang. Kepada Pagar Nusa Kabupaten Ketapang agar tetap menjaga kemandirian. Dan apa yang dilakukan oleh Pagar Nusa Ketapang adalah langkah yang cerdas. Pagar Nusa tidak meminta, tapi apa yang dilakukan Pagar Nusa adalah sebagai bentuk sinergisitas dalam kegiatan untuk memberikan kontribusi kepada daerah dan kepada bangsa.


Menurut Junaidi, Pagar Nusa punya keterampilan khusus, dan itu belum diperhitungkan oleh orang-orang diluar sana tentang kekuatan Pagar Nusa sebagai benteng para ulama dan NKRI.


"Dan Jangan sekali-sekali bikin statement, kecuali memang atas restu dan izinnya para kyai dan ulama. Kondisi dalam negeri bagaimanapun Pagar Nusa silent (diam) tidak pernah berkomentar. Itu adalah bagian dari tawadhu kita, istiqomahnya kepada pimpinan kita para kyai dan ulama. Kalau bukan atas perintah beliau-beliau, kita tidak akan bergerak dan ber-statement." Tegasnya.


Baca juga:


Junaidi juga menyadari terhadap situasi politik dalam negeri. Oleh karena beliau mengingatkan, Pagar Nusa adalah pasukan inti Nahdlatul Ulama yang sering dan akan mencoba ditarik-tarik keranah politik, dan kita  tidak komentar, selain kyai perintah kepada Pagar Nusa.


"Tolong para pendekar Pagar Nusa sowan kepada para kyai dan guru-guru kita, beliau itu menambah ghiroh kita. Dauhnya beliau adalah semangat kita. Datangnya silaturrahmi kepada para kyai akan menambah semangat kita untuk berbakti kepada bangsa dan negara, khususnya di daerah Ketapang." Pinta Junaidi. (anuk).


Lebih baru Lebih lama
.



.