Gelar Bimtek dan Pelatihan KI, IKA PMII Ketapang Hadirkan Nashir Syam


NU KETAPANG - Wakil Sekretaris Tanfidziah PCNU Kabupaten Ketapang M. Nashir Syam, M.Pd.I. tampil sebagai Narasumber pada Bimtek dan Pelatihan Karya Ilmiah. Kegiatan Bimtek digelar Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ketapang, bertempat di Lantai 3 Gedung Bintang 9 NU Ketapang, Sabtu hingga Minggu (7-8/10/2023).


Mengusung tajuk Optimalisasi Peran Kader PMII dalam Mewujudkan Keterampilan Menulis, Nashir Syam mengisi materi pada hari kedua tentang teknis penulisan artikel opini di koran atau majalah. Sementara pada hari pertama dengan materi teknis penulisan karya tulis ilmiah disajikan Prof. Dr. Ibrahim, M.A salah seorang Dosen IAIN Pontianak. 


Di hadapan 100 peserta yang terdiri dari kader PMII dan perwakilan ormas lainnya, Nashir yang aktif sebagai penulis artikel pendidikan, agama, sosial dan budaya di beberapa media sosial telah memaparkan dasar-dasar teknis penulisan artikel, pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang penulis pemula dan langkah-langkah serta kiat agar artikel opini bisa efektif di publikasikan.


Dalam pemaparannya, pria yang juga Pengurus Harian DP MUI Kabupaten Ketapang ini menjelaskan, bahwa artikel adalah tulisan yang biasanya diunggah baik melalui media cetak maupun daring, ditulis untuk menyampaikan opini penulis mengenai suatu isu yang sedang diperbincangkan atau mempengaruhi pembaca tentang suatu ideologi atau prinsip yang dipegang penulis. 


"Antusias peserta cukup besar, tampak dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab," ungkap Nashir yang berprofesi sebagai ASN guru MAN 1 Ketapang. Kemudian lanjut Nashir, kegiatan diakhiri dengan praktik menulis artikel dan selanjutnya narasumber mengevalusi hasil karya dari para peserta secara random.


“Saya berharap kegiatan ini agar ditindaklanjuti sebagai pintu pertama membuka ruang motivasi semangat literasi bagi para pemuda khususnya para penulis pemula” Pungkasnya di hadapan para peserta Bimtek mengakhiri paparannya. (anuk).


Lebih baru Lebih lama
.



.