PCNU Ketapang: 175,7 Juta Terkumpul Bantuan Kemanusiaan Untuk Palestina


NU KETAPANG - Ketua Tanfidziah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ketapang, Drs. H. Satuki Huddin, M.Si. mengatakan, tragedi kemanusiaan adanya penindasan, ketidakadilan dan penghancuran yang terjadi di Palestina oleh Zionis Israel menjadi keprihatinan mendalam. Korban terus berjatuhan dan semakin bertambah. 


"Peningkatan eskalasi konflik antara Palestina dan Israel yang terus berlanjut dan belum bisa dipastikan kapan akan berakhir tragedi kemanusiaan ini," ungkap Satuki saat ikut serta pada aksi Peduli Palestina bersama LAZISNU Kabupaten Ketapang, Minggu (12/11/2023) 


Oleh karena itu lanjut Satuki, menindaklanjuti himbauan dari PBNU, pihaknya PCNU Kabupaten Ketapang selain melaksanakan ajakan sholat Ghoib dan do'a bersama untuk korban Palestina di Gaza, juga mengadakan penggalangan dana bantuan korban Palestina.


"Hari ini LAZISNU, Lembaga, Banom NU, Pondok Pesantren dan 22 Komunitas di Kabupaten Ketapang melaksanakan aksi kemanusiaan berupa penggalangan dana untuk rakyat Palestina, yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Nopember 2023 di perempatan jalan Agusdjam dan Polres Ketapang," terangnya.


Pada kesempatan itu, Ketua PCNU Kabupaten Ketapang ini juga mengajak kepada umat Islam, khususnya warga NU Kabupaten Ketapang untuk berdo'a semoga konflik Palestina - Israil segera berakhir. Tidak itu saja, ia juga mengajak masyarakat daerah ini untuk memberikan bantuan kemanusiaan di Palestina melalui LAZISNU Ketapang.


Sementara Ketua LAZISNU Ketapang Muhammad Maniri mengatakan, terkait dengan Aksi Peduli Palestina beberapa kecamatan, seperti Manis Mata, Sandai, Kendawangan, Sungai Melayu Rayak dan beberapa kecamatan lainnya juga melakukan kegiatan yang sama. Hingga kini dana yang sudah terkumpul berjumlah 175,7 juta rupiah.


Dana sementara itu lanjut Maniri berasal dari penggalangan LAZISNU bersama Banom NU dan 22 komunitas Ketapang sejumlah 77.615.900 rupiah. Dari MWCNU Manis Mata 53.314.000 rupiah dan Kecamatan Kendawangan 44.820.000 rupiah, jadi jumlah keseluruhan 175.749.900 rupiah.


"Kami terus bergerak melakukan penggalangan dana baik secara langsung maupun melalui transfer ke rekening LAZISNU Kabupaten Ketapang. InsyaAllah dana yang sudah terkumpul akan dikirim ke Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadakah NU (LAZISNU) PBNU di Jakarta," katanya.


Selanjutnya jelas Maniri, bantuan itu nantinya juga dalam bentuk makanan, obat-obatan, pakaian, dan kebutuhan lainnya yang diperlukan itu akan dikirim oleh LAZISNU PBNU ke Palestina.


"Kami LAZISNU Kabupaten Ketapang mengajak kepada seluruh masyarakat Ketapang, dan khususnya umat Islam agar bersama-sama memberikan infaq yang terbaik untuk disalurkan memalui LAZISNU, sebagai wujud solidaritas kemanusiaan kita kepada saudara-saudara kita rakyat Palestina yang telah menjadi korban dari kebiadaban zionis Israil," ajaknya.


"Terima kasih kepada masyarakat Ketapang yang telah memberikan donasi pada Aksi Peduli Palestina melalui LAZISNU Ketapang. Terima kasih juga kepada seluruh Banom NU, Pondok Pesantren dan seluruh Komunitas Ketapang yang telah bergabung dalam aksi ini," Pungkas Maniri. (anuk)

Lebih baru Lebih lama
.



.