Gerbang Tani Bersama LPPNU Ketapang Meluncurkan Pupuk Organik



NU KETAPANG - Kelompok Tani (Poktan) Sumber Rejeki yang beralamat di Dusun Kalanisasi, Desa Pelang, Matan Hilir Selatan, baru-baru ini meluncurkan pupuk organik yang murah dan ramah lingkungan. Pupuk Organik ini diberi nama Pupuk Kandang “Gerbang Kanal”. Demikian kata Ketua Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Ketapang Asih Farahmi, ST. kepada admin NU Ketapang.

Pengelolaan pupuk organik ini diinisiasi atas kerjasama antara Gerbang Tani Ketapang bersama Pengurus Cabang LPPNU Kabupaten Ketapang. “salah satu poktan binaan PCNU Ketapang dalam hal ini LPPNU Ketapang telah berhasil mengimplementasikan bantuan pemerintah berupa program Unit Pengolahan Pupuk Organik atau UPPO dengan memproduksi pupuk organik.” Kata Asih Farahmi.

Menurut Pria yang juga sebagai Ketua Gerbang Tani Ketapang ini, Pupuk Organik ini telah di uji coba di beberapa tanaman palawija, padi dan kelapa sawit, hasilnya sangat memuaskan. Pupuk ini menurutnya, terbuat dari kotoran sapi dicampur dengan limbah organik seperti sekam padi, kotoran ayam, EM4 dll.
Asih Farahmi bersyukur program ini bisa terlaksana, ucapan terima kasih kepada Bapak Daniel Johan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI/F-PKB, telah menyalurkan bantuan dana program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO). “Semoga usaha ini terus berlanjut sehingga memberikan manfaat yang nyata untuk kesejahteraan masyarakat dan khususnya warga nadliyyin di Ketapang.” Tuturnya.

Menurut Ketua LPPNU Ketapang ini, tahun anggaran 2018 kemaren melalui Gerbang Tani Ketapang, dirinya telah mengusulkan kepada Daniel Johan, dengan total dana 200 juta rupiah, yang disalurkan untuk alokasi pembuatan kandang sapi senilai 10 juta rupiah. Pembuatan Gudang pupuk senilai 44 juta rupaih. Pengadaan 10 ekor sapi & obat-obatanan senilai 86 juta rupiah, dan pengadaan motor tossa dan mesin Appo 60 juta rupiah.

Kedepan melalui LPPNU Ketapang, Asih Farahmi bersama pengurus akan membentuk LPPNU dimasing-masing Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) kecamatan, sehingga menurutnya, akan mempermudah dalam pembinaan petani dan nelayan ditingkat kecamatan dan desa. Demikian pula dalam penyaluran bantuan-bantuan pemerintah pusat. 

“Dengan dibentuk LPPNU di MWC kecamatan nantinya akan memudahkan kerja kami di NU, terutama misalnya dalam penyaluran bantuan-bantuan. Dan bantuan itu akan kami berikan kepada mereka, tentu dengan syarat bagi yang amanah dan yang siap masuk dan mau membesarkan NU Ketapang.” Kata Asih Farahmi. (NUK)

Lebih baru Lebih lama
.



.