Wakil Bupati Ketapang: HSN Sebagai Bentuk Penghargaan dan Penghormatan Kepada Ulama dan Santri



NU KETAPANG - Wakil Bupati Ketapang Drs. H. Suprapto S. mengakui, bahwa sejarah telah mencatat peran besar para ulama dan santri pada masa perjuangan kemerdekaan dalam menjaga Pancasila, UUD 1945 dan keutuhan NKRI. Demikian dikatakan dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan HSN tahun 2019 di Hypermart Citimall Ketapang, Selasa (15/10).

Menurut Suprapto, peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ditetapkan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan pemerintah kepada para ulama dan santri yang telah berjasa dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan negara Republik Indonesia.

“Saya ingin mengingatkan kepada kita semua pesan Bung Karno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa para pahlawan, mari kita hargai dan dukung para santri . Dan kepada para santri yang hadir diacara ini, jangan berkecil hati walau kalian hidup sederhana di Pondok.” Kata Suprapto.

Berbanggalah menjadi seorang santri, kata Wakil Bupati, karena santri adalah orang yang luar biasa, kalau di sekolah umum seorang murid hanya dituntut menguasai ilmu pengetahuan umum saja. Sementara santri, selain dituntut menguasai ilmu pengetahuan umum, ia juga dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan agama.

H. Suprapto juga mengajak umat beragama, khususnya para ulama dan tokoh masyarakat bersama-sama pemerintah bahu membahu membangun kehidupan umat beragama. “Diharapkan peran pemuka agama dan tokoh masyarakat untuk membimbing umatnya melaksanakan ajaran agama, sehingga menciptakan kesejukan dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” Katanya.

Dia juga berharap agar bisa bersikap arif dan bijaksana dalam mengatasi  permasalahan dan tantangan sesuai perkembangan masyarakat dan lebih bersikap pro-aktif. “Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan  dalam diri kita sebagai bentuk pencerminan diri sebagai umat beragama yang menjunjung tinggi nilai-nilai spritual, moral dan etik.” Ujar H. Suprapto. (ANUK).

Acara pembukakan kegiatan lomba HSN tahun 2019 di Kabupaten Ketapang dihadiri, Wakapolres Ketapang, Kodom 1203, Kejaksaan Negeri Ketapang, Kepala Kantor Kementerian Agama Ketapang, para undangan, pengurus NU Ketapang, Banom NU dan calon peserta lomba para santri utusan dari pondok pesantren di Kabupaten Ketapang.

Menurut rencana kegiatan lomba HSN yang diadakan Pengurus Cabang NU Ketapang kerjasama Pemda, Polres dan Kodim 1203 Ketapang, akan berlangsung dari tanggal 15 s.d 20 Oktober 2019, dan pada acara puncaknya tanggal 22 Oktober 2019 akan diadakan Apel Akbar di  Halaman Kantor Bupati Ketapang. (anuk).

Lebih baru Lebih lama
.



.