Pengurus NU Muara Pawan Adakan Istighotsah dan Pengajian Bulanan


NU KETAPANG - Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Muara Pawan kembali memulai kegiatan Istighotsah dan pengajian bulanan pada hari Minggu (9/8). Program tersebut sudah lama diagendakan, namun karena terhalang pandemi covid-19, sehingga baru bisa dilaksanakan.

Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Muara Pawan Ust. Burhanudin,  M.Pd.I. mengatakan, bahwa kegiatan Istighotsah merupakan ciri khas warga Nahdliyyin dan disertai dengan pengajian kitab kuning akan terus dilaksanakan MWCNU Muara Pawan setiap bulan satu kali,  yang pelaksanaannya dilaksanakan setiap bulan minggu pertama.

Dalam sambutannya, ia memberikan semangat kepada jama'ah yang hadir bahwa kegiatan Istighotsah dan pengajian kitab kuning akan terus digalakkan, karena acara yang dilaksanakn itu merupakan warisan para ulama'-ulama' pendiri NU.

Ust. Burhanuddin mengatakan, kenapa jam'iyah NU harus digaungkan pada masyarakat Muara Pawan? Pertama, Karena masyarakat Muara Pawan mayoritas masyarakat nahdliyyin (warga NU). Secara kultural jika dilihat dari setiap amaliyah ibadahnya adalah NU. Sehingga perlu adanya kegiatan untuk mempertebal amaliyah-amaliyah ke-NU annya.


"Lalu yang kedua, perlunya NU harus digaungkan pada masyarakat Muara Pawan, adalah dikarenakan NU merupakan salah satu jam'iyah yang bisa menangkal faham-faham radikalisme." Jelas Burhanuddin yang juga Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Haudl Ketapang.

Ust. Burhanudin juga mengajak kepada seluruh jajaran pengurus dan masyarakat nahdliyyin yang hadir agar mengajak kekuarga dan tetangganya untuk hadir pada acara MWC bulan yang akan datang. "Insya Allah bulan depan akan dilaksanakan di Masjid Nurul Huda Sungai Awan Kanan pada hari Minggu tanggal 6 September 2020." Katanya.

Baca juga:

Mewakili Camat Muara Pawan, Dwi Wulan NA, S.p Kasi PMD, menyambut baik dan sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. Ia juga menyampaikan salam dan permohonan maaf Camat tidak bisa hadir dipertemuan perdana itu, sehubungan menghadiri kegiatan yang tidak bisa diwakilkan.

Menurut Dwi, Pemerintahan kecamatan akan terus memberikan support dan dukungan dengan adanya acara MWC NU Kecamatan Muara Pawan. "Kami siap menghadiri acara bulanan yang diadakan MWC NU Muara Pawan." Ungkapnya.


Acara perdana kegiatan Istighotsah dan pengajian berlangsung di Aula Kantor Camat Muara Pawan itu diisi dengan pengajian kitab kuning oleh Rois Suriah MWC NU Kecamatan Muara Pawan Ust. Husen Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Ampel Sungai Awan Kiri.

Ust. Husen menyampaikan kajian Kitab Mujarrubih fi Tsawabi 'Amali al-Sholeh yaitu kitab yang berisi hadis-hadis tentang pahala amal2 sholeh.  Kitab itu dipilih guna untuk memotivasi masyarakat nahdiyin Muara Pawan dalam melakukan ibadah dan amal sholeh. (anuk).

Lebih baru Lebih lama
.



.